Sunday 6 March 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Sendi. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Pengertian Sendi

Apa itu sendi ? Sendi adalah penghubung antartulang sehingga tulang dapat digerakkan. Persendian berperan penting dalam proses gerak yang dilakukan oleh manusia. Hubungan antartulang biasanua disebut dengan artikulasi. Sendi diapit oleh tulang rawan yang merupakan bantalan untuk sendi. Sendi di ikat oleh ligamen. Ligamen adalah bahan yang kuat dan lentur.




Persendian manusia dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

1. Sendi kaku
Sendi kaku merupakan persendian yang tersusun dari ujung ujung tulang rawan dan menghasilkan sedikit gerakan yang bersifat kaku. Contoh gerakan pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki

2. Sendi mati
Sendi mati merupakan persendian yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan. Contoh hubungan antar tulang yang membentuk tengkorak.

3. Sendi gerak
Sendi Gerak merupakan persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan secara bebas. Sendi gerak terdiri dari beberapa jenis, yaitu :



a. Sendi engsel
Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerak satu arah. Contoh sendi engsel ialah lutut dan sikut.

b. Sendi putar
Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerakan rotasi atau memutar. Contoh sendi putar ialah lengan bawah dan lengan atas.

c. Sendi pelana
Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerak dua arah. Contoh sendi pelana ialah tulang telapak tangan dan ibu jari. 

d. Sendi luncur
Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerakan badan dapat melengkung ke depan dan ke belakang ataupun gerakan memutar badan. Contoh sendi luncur ialah hubungan antar tulang pada pergelangan kaki.

e. Sendi peluru
Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerakan bebas ke segala arah. Contoh sendi peluru ialah hubungan antar tulang pada gelang bahu dan lengan atas.

f. Sendi geser
Merupakan hubungan antar tulang yang menghasilkan gerak menggeser. Contoh sendi geser ialah hubungan antar tulang belakang.

Bonus Tebak Tebakan :

Pintu pintu apa yang gak bisa didorong sama 5 orang sekaligus ?
Pintu yang ada tulisan geser




No comments:

Post a Comment