Saturday 5 March 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian, Jenis, dan Fungsi Rangka Manusia. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Rangka Manusia

A. Pengertian Rangka
Apa itu Rangka ?  Rangka ialah tulang-tulang yang tersambung, tersusun, teratur, serta mendukung dan melindungi anggota organ tubuh yang lunak. Dapat dikatakan sebuah rangka jika terhubung satu dengan yang lain dapat membuat rangka tersebut terhubung karna adanya sendi dan digerakkan bantuan otot, yang kita ketahui bahwa rangka tubuh biasa disebut dengan rangka endoskeleton. Rangka endoskeleton ialah rangka yang terdapat dalam tubuh manusia yang dibungkus oleh otot (daging). Ada juga yang dinamakan Rangka eksoskeleton, rangka ini adalah rangka yang terletak di luar tubuh.


 Rangka merupakan alat gerak pasif. Mengapa rangka dapat dikatakan sebagai alat gerak pasif ? Hal ini disebabkan pergerakan rangka sebenarnya disebabkan adanya kontraksi otot. Otot ialah bagian tubuh yang mampu berkontraksi, sedangkan rangka tidak mempunyai kemampuan seperti itu. Jika otot berkontraksi, secara otomatis rangka juga ikut bergerak karena otot terletak melekat erat dengan rangka.

B. Jenis-jenis Rangka Manusia
Rangka manusia dibagi berdasarkan jenis sel dan matriksnya menjadi 2 jenis yaitu Tulang rawan dan Tulang sejati :

1. Tulang Rawan
Tulang rawan adalah tulang yang berserabut tebal dan matriks yang elastis. Tulang rawan memiliki kandungan kolagen yang tinggi sehingga bersifat kuat dan lentur. Tulang rawan tidak mempunyai saraf dan pembuluh darah. Tulang Rawan tersusun atas sel tulang rawan muda (kondrioblas) dan sel tulang rawan dewasa (kondriosit). Tulang rawan pada orang dewasa terdapat dihidung, daun teling, persendian, ujung tulang ruusuk, trakea, dan epifisi tulang pipa

2. Tulang Sejati
Tulang sejati adalah tulang yang telah mengalami osifikasi (pematangan tulang) sehingga strukturnya lebih keras. Dalam matriksnya kandungan kolagen sangat sedikit, sedangkan bahan anorganik lainnya seperti kalsium, fosfor, bikarbonat, sirat, Mg, Na, K an hidroksi apit sangat banyak didapati.

C. Fungsi Rangka 
  1. Menegakkan tubuh
  2. Sebagai alat gerak pasif
  3. Memberi bentuk tubuh, melindungi bagian tubuh vital yang lemah
  4. Tempat melekatnya otot pada rangka
  5. Tempat menyimpan mineral, yaitu zat kapur dan fosforus
Bonus Tebak Tebakan :

Kucing kucing apa yang kepalanya 2 ekornya 3 ?
Kucing ajaib




No comments:

Post a Comment