Sunday 27 September 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Bagian-bagian yang terdapat pada Telinga. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Bagian-bagian yang terdapat pada Telinga

Telinga ialah organ yang mampu mendeteksi atau mengenal suara dan juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Telinga termasuk panca indra, pasti kalian tau panca indra ada lima yaitu, mata, telinga, kulit, hidung, dan lidah. Telinga manusia dapat mendengar kira-kira 20 Hz sampai 20.000Hz. Suara ialah bentuk energi yang bergerak melewati udara, air, atau benda lainnya, dalam sebuah gelombang.

Bagian pada telinga pada umumnya dibagi menjadi tiga bagian yaitu, telinga luar, telinga tengah, telinga dalam. Telinga luar terdiri dari lubang telinga, daun telinga, dan saluran telinga. Lubang telinga merupakan jalan masuk bunyi ke dalam telinga, daun telinga berfungsi untuk menangkap suara, dan saluran telinga merupakan jalan masuk bunyi ke gendang teling.

Hasil gambar untuk telingaTelinga tengah terdiri dari gendang telinga (membran timpani) dan tulang-tulang pendengaran (maleus, inkus dan stapes). Gendang telinga berfungsi mengubah bunyi menjadi getaran, dan tulang-tulang pendengaran rangkaian ketiga tulang kecil ini (osikula) menghantar getaran ke telinga bagian dalam. Telinga dalam terdiri dari koklea (rumah siput),saraf auditori, dan sistem vestibular. Koklea berisi cairan dan sel "rambut" yang sangat peka. Sistem vestibular berisi sel yang mengendalikan keseimbangan, dan saraf auditori menghubungkan koklea/rumah siput ke otak.

Telinga tidak hanya menyediakan kemampuan untuk mendengar, tetapi juga membantu keseimbangan tubuh ketika berjalan. Makanya, penyakit pada telinga akan memberi kita kesulitan dalam pendengaran, memberi rasa sakit bersama dengan rasa pusing yang memicu sakit kepala. Telinga memiliki banyak bagian berbeda termasuk Canal Telinga, Telinga Tengah dan Telinga Dalam, dimana syaraf mengirimkan sinyal suara dan perasaan yang berkaitan dengan keseimbangan pada otak. Beberapa penyakit pada telinga: Tersumbatnya telinga oleh kotoran, hilangnya pendengaran akibat pencemaran suara, tuli konduksi, vertigo.

Bonus Pantun :

Anak Hindu beli petola
Beli pangkur dua-dua
Mendengar kucing berbiola
Duduk termenung tikus tua




No comments:

Post a Comment