Wednesday 16 September 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Apakah Yang Dimaksud Dengan Sel Saraf (Neuron). Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Sel Saraf (Neuron)

A. Pengertian Sel Saraf (Neuron)
Sel saraf (neuron) ialah satuan kerja utama dari sistem saraf yang berfungsi untuk menghantarkan impuls listrik yang terbentuk akibat adanya suatu stimulus atau rangsang. Jutaan sel saraf ini dapat membentuk suatu sistem saraf.

B. Bagian-bagian Sel Saraf (Neuron)
Pada badan sel saraf terdapat inti sel, sitoplasma, mitokondria, sentrosom, badan golgi, lisosom, dendrit, akson, dan badan sel.

1. Badan Sel
Badan sel saraf ialah bagian yang paling besar dari sel saraf. Badan sel berfungsi untuk menerima rangsangan dari dendrit dan meneruskannya ke akson. Sebagai pengendali kerja sel saraf, memiliki inti sel dan sitoplasma yang benyak terdapat mitokondria. Badan sel ialah kumpulan retikulum endoplasma tempat transportasi sintesis protein.

2. Dendrit
Dendrit ialah cabang dari Neuron. Sel-sel saraf di otak disebut Neuron. Setiap neuron terdiri dari satu badan sel yang di dalamnya terdapat sitoplasma dan inti sel. Tonjolan protoplasma pada badan sel yang pendek dan bercabang cabang. Berfungsi untuk menerima dan menghantarkan impuls saraf dari luar ke sel saraf.

3. Akson
Akson ialah sel yang panjang, tipis dan membawa impuls elektrikal sel tubuh neuron atau soma. Akson adalah jalur transmisi utama sistem saraf dan mereka membantu membuat saraf. Akson individual yang berukuran sekitar satu mikrometer (1μm). Agar impuls yang dibawa tidak bocor, akson dilindungi oleh selubung lemak yang disebut selubung meilin. Fungsi utama akson ialah untuk mengirimkan sinyal listrik (impuls/rangsangan) dari badan sel saraf ke sel saraf yang lain. Di dalam otak, fungsi akson ialah untuk mengirimkan impuls dalam jumlah besar.

C. Macam Sel Saraf

Berdasarkan fungsinya, sel saraf dibedakan menjadi :
1. Neuron Sensorik
Berfungsi menghantarkan impuls dari alat indra ke sistem saraf pusat.
2. Neuron Motorik
Berfungsi menghantarkan perintah dari otak atau sum sum tulang belakang ke efektor
3. Neuron Konktor
Berfungsi untuk penghubung antara neuron satu dengan neuron lainnya
4. Neuron Adjustor
Berfungsi menghubungkan neuron sensori dengan neuron motori di sistem saraf pusat

Pada proses penghataran impuls dari neuron satu ke neuron lain dibantu oleh neurotransmitter. Akson dari neuron pertama melepas neurotransmitter ke sinapsis, kemudian neurotransmitter membawa impuls menyeberangi sinapsis menuju ke dendrit dari neuron berikutnya.


Bonus Pantun :

Jalan-jalan ke Kota Arab
Jangan lupa membeli kitab
Cewek sekarang tidak bisa diharap
Bodi bohai betis berkurap






No comments:

Post a Comment