Tuesday 7 July 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Bagian Bagian yang Terdapat pada Kulit Manusia. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Bagian Bagian yang Terdapat pada Kulit Manusia

A. Epidermis (Kulit Ari)

1. Pengertian Epidermis
Epidermis ialah jaringan yang terdapat pada permukaan organ luar suatu organisme. Jaringan epidermis biasannya tidak berklorofil, kecuali pada epidermis tumbuhan Bryophita dan Pterydophyta serta sekitar stomata.

2. Lapisan Lapisan yang terdapat pada Jaringan Epidermis
  • Lapisan Korneum, tersusun sel sel mati yang mudah terkelupas.
  • Lapisan Lusidum, berwarna terang dan hanya tampak pada kulit yang tebal, seperti telapak kaki.
  • Lapisan Granulosum, mengandung sel sel bergranula yang menghambat pengeluaran air yang berlebihan
  • Lapisan Spinosum, berfungsi untuk menahan gesekan dari luar karena merupakan lapisan paling tebal di epidermis
  • Lapisan Germinativum, mengandung sel sel yang aktif membelah, banyak mengandung sel melanosit penghasil pigmen melanin yang memberi warna kulit.
B. Dermis (Kulit Janget)
Dermis adalah lapisan tengah kulit (di bawah epidermis) yang mengandung serat kolagen, serat elastis, asam hialuronik, pembuluh darah dan pembuluh limfatik, folikel rambut, saraf, kelenjar, dan banyak lainnya. Merupakan lapisan kulit yang terletak di bawah lapisan kulit ari. Dermis adalah yang kedua, atau menengah, lapisan kulit seseorang.

Ini mengandung serat kolagen dan elastin, yang merupakan protein penting. Kolagen dan elastin di lapisan kulit ini membentuk lapisan mesh seperti yang tahan lama. Pada lapisan dermis terdapat kelenjar keringat, kelenjar minyak, akar rambut, pembulu darah, ujung ujung saraf penerima rangsang ( reseptor ), seperti paccini (penerima rangsang tekanan), ruffini (penerima rangsang panas), krause (penerima rangsang dingin), dan meissner (penerima rangsangan sentuhan).

C. Hipodermis
Hipodermis adalah salah satu lapisan dari bebarapa lapisan yang terdapat didalam kulit. Hipodermis ini merupakan lapisan kulit lemak atau jaringan ikat yang merupakan rumah dari kelenjar keringat dan lemak dan juga sel-sel kolagen. Lapisan Hipodermis ini dikenal juga sebagai sebagai jaringan subkutis atau subkutan. Lapisan kulit ini merupakan lapisan yang paling dalam dan mengandung pembuluh darah dan limfia, serta saraf yang berjalan sejajar dengan permukaan kulit.
Pada jaringan ini terdapat cadangan lemak untuk cadangan makanan dan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Bonus Pantun :

Hujan turun rintik-rintik
Duduk berdua di teras rumah
Ingin punya cewek cantik
Syaratnya rumah dan mobil mewah





No comments:

Post a Comment