Sunday 3 May 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian, Sifat, dan Cahaya. Semoga artikel ini bermanfaat, aamiin.

Pengertian, Sifat, dan Cahaya

Di bawah terik matahari kamu dapat melihat bayanganmu bergerak sesuai dengan gerakanmu. Secepat apapun kamu bergerak, bayanganmu tetap ada di dekatmu. Ketika hari berubah menjadi mendung, bayanganmu tidak terlihat. Kemanakah bayanganmu itu ? Apakah yang menyebabkan bayanganmu ada ? Bayangan terjadi karena adanya cahaya.

A. Pengertian Cahaya
Pengertian, Sifat, dan Cahaya
Pengertian, Sifat, dan CahayaCahaya adalah energi yang berbentuk gelombang elekromagnetik yang kasat mata yang memiliki panjang gelombang kurang lebih 380–750 mm. Pada bidang fisika, cahaya ialah radiasi elektromagnetik, baik dengan panjang gelombang yang kasat mata maupun yang tidak. Selain itu, cahaya adalah paket partikel yang disebut foton. Foton adalah partikel elementer dalam fenomena elektromagnetik. Biasanya foton dianggap sebagai pembawa radiasi elektromagnetik, seperti cahaya, Sinar-X, dan gelombang radio.

Ada juga yang dinamakan sensor cahaya, Sensor cahaya adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah besaran cahaya menjadi besaran listrik. Prinsip kerja dari alat ini adalah mengubah energi dari foton menjadi elektron. Polusi cahaya adalah sejenis polusi. Definisi dari polusi cahaya adalah "dampak buruk akibat cahaya buatan manusia". Polusi cahaya biasanya berarti intensitas cahayanya terlalu besar.

B. Sifat Cahaya
Cahaya mempunyai sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat cahaya banyak manfaatnya bagi kehidupan.

1. Cahaya Merambat Lurus
Saat berjalan di kegelapan, kita membutuhkan senter. Cahaya dari lampu senter arah rambatannya menurut garis lurus. Atau ketika kita melihat cahaya matahari yang menerobos masuk melalui genting. Kedua hal itu telah membuktikan bahwa cahaya merambat lurus.

2. Cahaya Menembus Benda Bening
Gelas berisi air jernih, kaca, dan plastik, jika dikenai cahaya, hampir semua sinar cahaya akan diteruskan. Benda-benda yang dapat di tembus cahaya disebut benda bening.

3. Cahaya Dapat Dipantulkan
Pemantulan (refleksi) atau pencerminan adalah proses terpancarnya kembali cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya.


4. Cahaya Dapat Dibiasakan
Dasar kolam yang airnya jernih terlihat lebih dangkal dari sebenarnya. Peristiwa ini merupakan salah satu bentuk pembiasan cahaya yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Apabila cahaya merambat melalui dua medium yang berbeda kerapatannya maka cahaya akan mengalami pembelokan atau pembiasan.

5. Cahaya Dapat Diuraikan
Cahaya putih seperti cahaya matahari termasuk jenis cahaya polikromatik. Cahaya Polikromatik adalah cahaya yang tersusun atas beberapa komponen warna. 




No comments:

Post a Comment